Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 06 Juni 2013

SISTEM INFORMASI PEMESANAAN DAN PENJUALAN SUKU CADANG MOBIL UD.STAR DIESEL

SISTEM INFORMASI PEMESANAAN DAN PENJUALAN SUKU CADANG MOBIL UD.STAR DIESEL

DESAIGN-MENU






INPUT



HASIL INPUT

 CETAK











LISTING MENU


Public Class Form1

    Private Sub NOVIToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles NOVIToolStripMenuItem.Click
        Form2.Show()

    End Sub

    Private Sub KELUARToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUARToolStripMenuItem.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub LAPDATABARANGToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LAPDATABARANGToolStripMenuItem.Click
        Dim laporan As New DATA
        Form3.CRV.ReportSource = laporan
        Form3.Show()
    End Sub
End Class

LISTING INPUT 


Imports MySql.Data.MySqlClient

Public Class Form2

    Public db As New MySql.Data.MySqlClient.MySqlConnection
    Public sql As String
    Public cmd As MySqlCommand
    Public rs As MySqlDataReader

    Sub opendb()
        sql = "server=localhost;uid=root;pwd;database=jual_db"
        Try
            db.ConnectionString = sql
            db.Open()
        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message)
        End Try
    End Sub

    Private Sub bagian_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call opendb()
        Call Bersih()
        Call buattabel()
        Call IsiTabel()
    End Sub
    Sub Bersih()
        KD.Text = ""
        JNS.Text = ""
        SATUAN.Text = ""
        HRG.Text = ""
        JMLH.Text = ""
        HRG.Text = ""
        RubahButton(True, False, False, False, True)
        KD.Enabled = True
    End Sub
    Sub RubahButton(ByVal Btn1 As Boolean, ByVal Btn2 As Boolean, ByVal Btn3 As Boolean, ByVal Btn4 As Boolean, ByVal Btn5 As Boolean)
        BR.Enabled = Btn1
        SMPN.Enabled = Btn2
        HPS.Enabled = Btn3
        BTL.Enabled = Btn4
        KLR.Enabled = Btn5
    End Sub
    Sub ShowDB()
        rs.Read()
        KD.Text = rs("kode")
        JNS.Text = rs("jenis")
        SATUAN.Text = rs("satuan")
        JMLH.Text = rs("jumlah")
        HRG.Text = rs("harga")
        RubahButton(False, True, True, True, False)
        SMPN.Text = "Edit"
        KD.Enabled = False
    End Sub
    Sub prosesdb(ByVal log As Integer)
        Dim pesan As String = ""
        Select Case log
            Case 0
                sql = "Insert into barang(kode,jenis,satuan,jumlah,harga)" & _
                        " values('" & KD.Text & _
                        "','" & JNS.Text & _
                        "','" & SATUAN.Text & _
                        "','" & JMLH.Text & _
                        "','" & HRG.Text & "')"
                pesan = "Data Telah Tersimpan"
            Case 1
                sql = "update barang set jenis='" & JNS.Text & "'" & _
                        "satuan='" & SATUAN.Text & "'," & _
                        "jumlah='" & JMLH.Text & "'," & _
                        "harga='" & HRG.Text & "' " & _
                        "where kode='" & KD.Text & "',"
                pesan = "Data Telah Terupdate"
            Case 2
                sql = "Delete from barang where kode='" & KD.Text & "'"
                pesan = "Data Telah Dihapus"
        End Select
        Try
            cmd = New MySqlCommand(sql, db)
            cmd.ExecuteNonQuery()
            MsgBox(pesan, MsgBoxStyle.Information + MsgBoxStyle.OkOnly, "Konfirmasi")
            Call Bersih()
            Call IsiTabel()
        Catch ex As Exception
            MessageBox.Show(ex.Message)
        End Try
    End Sub

    Sub IsiTabel()
        lv.Items.Clear()
        sql = "Select * from barang"
        cmd = New MySqlCommand(sql, db)
        rs = cmd.ExecuteReader
        Try
            While rs.Read
                Dim lst As New ListViewItem
                lst.Text = rs("kode")
                lst.SubItems.Add(rs("jenis"))
                lst.SubItems.Add(rs("satuan"))
                lst.SubItems.Add(rs("jumlah"))
                lst.SubItems.Add(rs("harga"))
                lv.Items.Add(lst)
            End While
        Catch ex As Exception
            MsgBox(ex.Message)
        End Try
        rs.Close()
    End Sub
    Sub buattabel()
        lv.View = View.Details
        lv.GridLines = True
        lv.FullRowSelect = True
        lv.Columns.Add("kode")
        lv.Columns.Add("jenis")
        lv.Columns.Add("satuan")
        lv.Columns.Add("jumlah")
        lv.Columns.Add("harga")
    End Sub

    Private Sub BR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BR.Click
        Call Bersih()
        KD.Focus()
    End Sub

    Private Sub BTL_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTL.Click
        Call Bersih()
        KD.Focus()
    End Sub

    Private Sub KLR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KLR.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub SMPN_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles SMPN.Click
        If SMPN.Text = "Simpan" Then prosesdb(0) Else prosesdb(1)
    End Sub

    Private Sub HPS_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles HPS.Click
        Dim x As String
        x = MsgBox("Anda Yakin Akan dihapus", MsgBoxStyle.Information + MsgBoxStyle.YesNo, "Hapus")
        If x = vbYes Then
            Call prosesdb(2)
        End If
    End Sub

    Private Sub KD_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles KD.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            Dim x As String
            If KD.Text = "" Then
                MsgBox("Isi kode terlebih dahulu")
            Else
                sql = "select * from barang where kode='" & KD.Text & "'"
                cmd = New MySqlCommand(sql, db)
                rs = cmd.ExecuteReader
                Try
                    Call ShowDB()
                Catch ex As Exception
                    x = KD.Text
                    Bersih()
                    KD.Text = x
                    RubahButton(False, True, False, True, False)
                    SMPN.Text = "Simpan"
                End Try
                JNS.Focus()
                rs.Close()
            End If
        End If
    End Sub


End Class
 







0 komentar:

Posting Komentar